e-mail: azzania.rizaly@gmail.com

Dampak/Efek Tertawa yang Berlebihan Beserta Hadistnya



Ass.Sore gan, kali ini artikel yang mau saya bagi soal Dampak/Efek Tertawa yang Berlebihan Beserta Hadisnya.Terkadang tanpa kita sadari kita tertawa terlalu berlebihan.Ya saya akui saya juga pernah mengalaminya.Tapi pernahkan agan berpikir atau bertanya tanya apa dampak/efek tertawa yang berlebihan? Saya menulis artikel ini mulanya saya bertanya-tanya, apakah dampak/efek dari tertawa yang berlebihan.Dan benar setelah saya search di Google ternyata tertawa yang berlebihan memiliki dampak yang sangat buruk gan.Bukan hanya tentang kesehatan gan, ternyata ada juga hadist nya :



“Janganlah engkau banyak tertawa, karena banyak tawa itu akan mematikan hati dan menghilangkan cahaya wajah “ (Hadist Bukhari Muslim)

Wasiat yang disampaikan Rasulullah Shalallahu alaihi Wassallam  ini sangat luar biasa gan. Karena didalamnya terdapat prinsip-prinsip hidup seorang muslim. Andai seseorang mampu mengamalkannya secara optimal, kebahagiaan sejati niscaya tidak akan mau jauh darinya.

Jika melihat konteks hadis ini yang dilarang Rasulullah adalah tertawa berlebih-lebihan . Dapat dimengerti sebab semua yang berlebihan cendrung membawa mudarat daripada manfaat. Jangankan tertawa , ibadah yang berlebihan pun dipandang kurang baik, Rasulullah pernah menegur seorang sahabat yang meng-azamkan diri untuk shalat terus menerus serta berpuasa setiap hari.

Tapi gan, kenapa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam melarang kita banyak tertawa? Mengapa tertawa bisa mematikan , atau sekurang-kurangnya menanduskan hati? Bukankah tertawa itu sehat, tanda kegembiraan, serta penangkal kesedihan?

Didalam otak manusia terdapat hormon yang mengatur kebahagiaan dan kesedihan. Hormon yang mengatur kebahagiaan diwakili oleh SEROTONIN . Jika kadar serotonin dalam otak stabil dan seimbang, kita akan TENANG. Jika kadarnya terlalu rendah , kita akan RESAH dan GELISAH. Namun sebaliknya , Jika kadarnya berlebih, kita cendrung “TERLALU TENANG” alias APATIS. Jadi Allah Subhanahu Wataa’la menciptakan segala sesuatu itu selalu pas, seimbang serta memenuhi prinsip mizan. Terlalu kurang atau terlalu lebih biasanya akan mendatangkan masalah.

Uniknya setiap hormon itu tidak bekerja sendirian . Ada proses kerjasama dan mu’amalah yang harmonis diantara mereka. SEROTONIN memiliki partner yang namanya ENDORFIN. Hormon yang satu ini bertugas mengatur KEGEMBIRAAN . Keduanya bagaikan pasangan sejati, saling memahami, dan saling melengkapi. Ketika SEROTONIN TURUN , kadar ENDORFIN pun AKAN TURUN. Demikian pula ketika ENDORFIN NAIK, naik, maka SEROTONIN pun akan IKUT NAIK . Namun hubungan diantara mereka TIDAK SELALU STABIL . Ketika proporsi yang satu terlalu tinggi , ketidakseimbangan pun akan muncul kepermukaan. Disinilah relevansi wasiat Rasulullah Shalallahu alihi Wasallam terlihat. Terlalu banyak tertawa akan menaikkan kadar ENDORFIN sampai batas OPTIMAL . Akibatnya kadar SEROTONIN dalam tubuh menjadi RENDAH .

Allah Subhanahu Wataa’la menciptakan endorfin dan serotonin dari bahan baku yang sama. Ketika endorfin terlalu banyak diproduksi, bahan baku Serotonin akan terserap habis. Efeknya , pada satu sisi dia akan merasakan kegembiraan, tapi ketika kegembiraan tersebut mencapai titik optimal , hormon penyeimbangnya tidak lagi di produksi. Karena itu jangan heran , orang yang banyak tertawa cendrung menjadi pribadi yang gelisah, tidak tenang, serta mengalami kegersangan hati. Ketika sudah gelisah , orang akan mudah terkena paranoid, mudah berburuk sangka , shalatpun tidak bisa khusu’. Semakin lama hatinya akan mati, tidak lagi sensitif. Ketika orang lain mendapatkan kesusahan , dia tidak lagi peduli , karena sibuk dengan kegelisahannya sendiri. Dengan kata lain , orang yang kadar serotoninnya rendah akan menjadi pribadi yang Egois , yaitu pribadi yang hanya mau memikirkan dirinya sendiri. Dia baru mau memikirkan orang lain , kalau orang tersebut bisa menguntungkan dirinya. Rangkaian sikap buruk ini terjadi karena dia terjebak dalam kegembiraan yang berlarut-larut serta melenakan.

Gimana gan? masih berminat untuk tertawa yang berlebihan? Haha.Makasih mungkin cukup ini artikel yang saya bagikan kali ini.Makasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalin komentarnya gan.Wassalam.

6 comments:

  1. makasih mas atas artikelnya sumpah ini sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Gara gara gan kawan wak banyak nan paham paham dan banyak yg nggak mau tertawa gara juragan mah juragan bisa wak tuntuik kan

    ReplyDelete
  3. Gara gara gan nih ruko gue kebakar gan

    ReplyDelete
  4. Maksih gan atas blok agan nyawa teman gw melayang

    ReplyDelete

Blog Info Pasid. Powered by Blogger.